purwokertocrypto.com

information

Halving Bitcoin

sebuah acara yang terjadi secara otomatis dalam protokol Bitcoin setiap 210000 blok yang ditambang atau sekitar setiap empat tahun

Halving dalam konteks Bitcoin adalah sebuah acara yang terjadi secara otomatis dalam protokol Bitcoin setiap 210.000 blok yang ditambang, atau sekitar setiap empat tahun. Pada saat halving, imbalan yang diberikan kepada penambang Bitcoin untuk menambang blok baru secara mendapatkan dikurangi menjadi setengahnya. Ini berarti bahwa jumlah Bitcoin baru yang dibuat setiap blok berkurang, yang pada gilirannya mempengaruhi laju inflasi Bitcoin.

Secara spesifik, sebelum halving, imbalan untuk menambang blok adalah 12,5 Bitcoin per blok. Setelah halving, ini berkurang menjadi 6,25 Bitcoin per blok. Proses ini dirancang untuk mengendalikan pasokan Bitcoin dengan membuatnya semakin sulit bagi penambang untuk menciptakan Bitcoin baru seiring waktu.

Halving adalah bagian integral dari desain ekonomi Bitcoin dan juga memainkan peran penting dalam mempengaruhi harga Bitcoin. Beberapa orang percaya bahwa halving memiliki efek positif terhadap harga Bitcoin karena penurunan suplai baru yang masuk ke pasar. Meskipun demikian, halving juga bisa menjadi peristiwa yang kompleks, dan dampaknya pada harga tidak selalu langsung atau mudah diprediksi.